mohon agar tidak memberi tip dalam bentuk apapun kepada petugas PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia II, jika terjadi agar melaporkan melalui telepon 4301080 ext. 2020, 2700, 2710, 2711, 2713 pada jam kerja atau via SMS ke 08787.888.7887, 0811.8282.06 atau via FAX 437-2933, 437-4289 atau  klik disini

10 NOPEMBER 2007, TG. PRIOK BERLAKUKAN TARIF BARU PELAYANAN JASA KAPAL
Tanggal: 2007-11-07 09:07:26
Sumber: Humas Cabang Tg. Priok
Lokasi: Cabang Pelabuhan Tanjung Priok

     10 NOPEMBER 2007, TG. PRIOK BERLAKUKAN TARIF BARU PELAYANAN JASA KAPAL • TG. PRIOK JANJIKAN PENINGKATAN PELAYANAN Tanjung Priok, 6 Nopember 2007. Setelah hampir tujuh tahun tarif pelayanan jasa kapal tidak pernah mengalami penyesuaian, akhirnya pemerintah menyetujui usulan dari pengguna jasa dan Direksi PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia II untuk memutuskan penyesuaian tarif jasa kapal di Pelabuhan Tanjung Priok. Tarif jasa kapal baru tersebut akan mulai diberlakukan mulai 10 Nopember 2007 yang meliputi : Jasa Labuh, Jasa Pemanduan, Jasa Penundaan dan Jasa Tambat, Penyesuaian tarif tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Direksi PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia II Nomor : HK. 56/4/16/PI-II-07 tanggal 1 Nopember 2007 Tentang Tarif Pelayanan Jasa Kapal di Pelabuhan Tanjung Priok dan Surat Keputusan Direksi PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia II Nomor HK. 56/4/17/PI-II-07 tanggal 1 Nopember 2007 Tentang Ketentuan Pelaksanaan Tarif Pelayanan Jasa Kapal di Pelabuhan Tanjung Priok. Penyesuaian tarif tersebut tidak meluncur begitu saja. Untuk penetapan besaran tarif harus melalui mekanisme yang harus ditempuh untuk penetapan tarif dan formulasi perhitungan tarif pelayanan jasa kapal di pelabuhanan. Yakni mulai dari konsep usulan tarif disampaikan kepada asosiasi pengguna jasa untuk mendapatkan masukan dan tanggapan, kemudian dituangkan dalan suatu kesepakatan bersama antara Manajemen Cabang Pelabuhan Tanjung Priok dengan DPC Insa Jaya, DPC APBMI Tanjung Priok, DPW Gafeksi/INFA DKI Jakarta, BPD GINSI DKI Jakarta dan DPD GPEI DKI Jakarta tanggal 25 Juli 2007 dengan Dewan Pemakai Jasa Angkutan Indonesia (Depalindo) tanggal 22 Agustus 2007 tentang penyesuaian tarif jasa kepelabuhanan Tanjung Priok untuk kegitan pelayanan jasa kapal dalam negeri dan luar negeri. Hasil usulan masukan dan tanggapan pengguna jasa inipun oleh Manajemen PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia II dikonsultasikan terlebih dahulu ke Menteri Perhubungan R.I untuk mendapatkan persetujuan penyesuaian tarif. Kemudian Menteri Perhubungan memberikan persetujuannya berdasarkan surat Nomor PR. 302/2/14/PHB-2007 tanggal 23 Oktober 2007 perihal persetujuan penyesuaian tarif pelayanan jasa kepelabuhanan. Untuk pemberlakuannya-pun Pihak DPC INSA JAYA menginginkan agar pemberlakuan tarif ini dilaksanakan dan diberlakukan dengan tenggang waktu minimal 10 (sepuluh) hari sejak tanggal penetapan Surat Keputusan Direksi PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia II yang dituangkan dalam surat Nomor: 080/INSA-JAYA/10.07 tanggal 1 Oktober 2007. Bahwa mekanisme penyesuaian tarif yang akan diberlakukan ini harus mengacu dan mengikuti sesuai dengan ketentuan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 39 Tahun 2004 tanggal 29 Maret 2004 tentang Mekanisne Penetpaan Tarif dan Formulasi Perhitungan Tarif Pelayanan Jasa Kepelabuhanan pada pelabuhan yang diselenggarakan oleh badan Usaha Pelabuhan dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM. 72 Tahun 2005 tentang perubahan atas Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 50 Tahun 2003 tentang Jenis, Struktur dan Golongan Tarif Pelayanan Jasa Kepelabuhanan untuk pelabuhan laut. Penyesuaian tarif ini pun, sesuai dengan kebijakan pemerintah yang memberlakukan ”Induvidual Port Tariff”, maka masing-masing pelabuhan dilakukan penetapan besaran tarif dengan mnghitung biaya pokok dan tingkat pencapaian ”Level of Service”. Apabila melihat tarif pelayanan jasa kapal di Pelabuhan Tanjung Priok yang ada (saat ini) sebelum penyesuaian sudah tidak mampu mencapai ”cost recovery” akibat membengkaknya biaya operasional pelayanan jasa kepelabuhanan, tingginya kebutuhan dana untuk investasi, biaya perawatan fasilias, khususnya terhadap kebutuhan biaya pengerukan alur pelabuhan. Karena untuk meningkatkan pelayanan perlu didukung dengan sejumlah investasi serta pengadaan penambahan fasilitas dan peralatan yang memadai dan handal untuk kelancaran kegiatan operasional pelayanan jasa kepelabuhanan. Tarif yang akan diberlakukan tanggal 10 Nopember 2007 ini merupakan tarif yang ideal, yakni tarif dari hasil perhitungan atas biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan operasional pelayanan jasa kepelabuhanan untuk menghasilkan output pelayanan yang maksimal dan prima. Tarif yang akan baru inipun dinilai sangat rasional dan layak serta dapat diterima oleh semua pihak baik dari penyedia jasa (operator pelabuhan) maupun pemakai jasa. Diharapkan dengan adanya penyesuaian tarif ini, manajemen Cabang Pelabuhan Tanjung Priok dapat mengantisipasi berbagai tuntutan keinginan pelanggan dan memenuhi kebutuhan pelayanan dipasar global. Menyadari hal tersebut, manajemn PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia II akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan, termasuk investasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan serta guna memenuhi desakan kebutuhan untuk investasi fasilitas dan peralatan teknologi kepelabuhanan. Maka untuk meningkatkan kemampuan dalam hal penyediaan peralatan dan fasilitas pelabuhan inilah tarif pelayanan jasa kapal di Pelabuhan Tanjung Priok yang lama dan berlaku sampai hari ini, perlu disesuaikan. Tentunya manajemen sangat berharap dengan adanya penyesuaian tarif pelayanan jasa kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, akan mampu meningkatkan pelayanan (level of service) yang akan diterima oleh masyarakat pengguna jasa kepelabuhanan dengan tetap mengutamakan ketepatan pelayanan. Bahkan untuk meningkatkan pelayanan ini manajemen Cabang Pelabuhan Tanjung Priok pada tahun 2007 ini saja, mengeluarkan dana sebesar Rp. 213,9 Milyar yang digunakan untuk perbaikan infrastruktur dan investasi diantaranya : peningkatan dan perkuatan lapangan penumpukan, pendalaman dan perkuatan di sejulmah dermaga ( dermaga 114, 11, 200 dan Terminal Besi Bekas) hinggal kedalaman mencapai – 14 Meter LWS (Lower Water Springs), peningkatan jalan-jalan di dalam pelabuhan, pembangunan lapangan penumpukan, pembangunan gate lini I di terminal konvensional, penambahan jaringan CCTV (Close Circiut Televison) dan pengembangan sistem informasi berbasis Wireless dan Web di terminal konvensional, penataan ruang sisi laut darat lini I dan lini II serta pengadaan 2 (dua) unit kapal tunda yang diharapkan dapat beroperasi pada awal tahun 2008. BESARAN TARIF PELAYANAN JASA KAPAL DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK YANG AKAN DI BERLAKUKAN 10 NOPEMBER 2007 NO JENIS PELAYANAN JASA TAIF SAAT INI PENYESUAIAN TARIF BARU KETERANGAN DALAM NEGERI LUAR NEGERI DALAM NEGERI LUAR NEGERI (RP) (US $) (RP) (US $) 1. JASA LABUH a. Kapal Niaga b. Kapal bukan Niaga 52,- 26,- 0,084 - 73,- 37,- 0,092 - Per GT/Kunjungan 2. JASA PEMANDUAN a. Tarif Pokok b. Tarif Tambahan 28.000,- 8,- 34,- 0,01,- 78.400,- 22,- 75 0,022 Per kapal per gerakan Per GT per kapal per gerakan 3. JASA PENUNDAAN a. Tarif Tetap 1) Kapal s/d 3.500 GT 2) Kapal 3.501 s/d 8.000 GT 3) Kapal 8.001 s/d 14.000 GT 4) Kapal 14.001s/d 18.000 GT 5) Kapal 18.001 s/d 26.000 GT 6) Kapal 26.001 s/d 40.000 GT 7) Kapal 40.001 s/d 75.000 GT 8) Diatas 75.000 GT b. Tarif Variabel 1) Di Bawah 75.000 GT 2) Di atas 75.000 GT 120.000,- 300.000,- 475.000,- 625.000,- 1.000.000,- 1.000.000,- 1.000.000,- 1.350.000,- 2,- 145 375 570 770 1.220 1.220 1.300 1.700 0,004 186.000,- 465.000,- 736.250,- 968.750,- 1.550.000,- 1.550.000,- 1.550.000, 2.092.500,-- 3,- 4,- 163,13 421,88 641,25 866,25 1.372,50 1.372,50 1.462,50 1.912,50 0,005 0,005 Per kapal yang ditunda/jam Per GT / Kapal yang ditunda / jam 4. JASA TAMBAT a. Dermaga (Beton, Besi/Kayu) b. Breating Dolpin & Pelampung c. Pinggiran 48,- 25,- 16,- 0,111 0,053 0,015 68,- 35,- 23,- 0,122 0,058 0,017 Per GT/Etmal

   Language :

Counter hits : 412