mohon agar tidak memberi tip dalam bentuk apapun kepada petugas PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia II, jika terjadi agar melaporkan melalui telepon 4301080 ext. 2020, 2700, 2710, 2711, 2713 pada jam kerja atau via SMS ke 08787.888.7887, 0811.8282.06 atau via FAX 437-2933, 437-4289 atau  klik disini

MANJAKAN PELANGGAN DENGAN LAYANAN INFORMASI DARI BERBAGAI SISI
Tanggal: 2008-07-18 14:43:22
Sumber: Humas Cabang Pelabuhan Tanjung Priok
Lokasi: Pelabuhan Tanjung Priok

     Tanjung Priok, 18 Juli 2008. Pemanfaatan teknologi informasi dilakukan Manajemen Cabang Pelabuhan Tanjung Priok yang berperan penting dalam mendukung kelancaran kegiatan operasional kepelabuhanan. Penguna jasa dapat dengan mudah dan cepat melakukan permintaan pelayanan dan transkasi pembayaran melalui sistem komputer yang diterapkan. Pertukaran data secara elektronik (electronic data interchange) dalam peruses pertukaran data telah mampu mempercepat proses pelayanan dokumen sehingga dapat membantu kelancaran arus kapal dan barang di Pelabuhan Tanjung Priok. Aplikasi Pelayanan Berbasis Web. Untuk memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jasa kepelabuhanan, diperlukan dukungan sistem informasi dan teknologi terkini yakni mengalihkan sistem aplikasi pelayanan berbasis Web dengan memanfaatkan teknologi internet sehingga pengguna jasa dalam mengajukan permohonan pelayanan kapal dan barang dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Sehingga diharapkan dapat memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggan dan sekaligus dapat dijadikan alat kontrol/pengawasan bagi perusahaan. Adapun pelayanan jasa kapal yang telah berbasis Web diantaranya : Pemberitahuan Kunjungan kapal (PKK)/Rencana Kedatangan Sarana Pengangkut (RKSP). Dokumen PKK/RKSP ini dapat diajukan pelanggan ke pelabuhan untuk permohonan penyandaran kapal yang telah on-line dengan instansi yang ada di pelabuhan. Dokumen PKK merupakan informasi awal yang disampaikan pelanggan untuk perencanaan dalam pengajuan Permintaan Pelayanan Kapal dan Barang. (PPKB) untuk penetapan penyandaran kapal di pelabuhan. Dokumen PPKB merupakan salah satu dokumen yang dijadikan Port Single Administration Document (PSAD) dalam sistem Nasional Single Window (NSW). Saat ini untuk pengajuan PPKB yang berbeasis web ini tidak hanya dapat dilakukan dari tempat pelanggan atau dari warung PPKB tetapi, manajemen telah memanfaatkan teknologi wireless dengan coverage area hotspot outdoor di sekitar Kantor Pelabuhan Tanjung Priok. Artinya pengguna jasa dapat dengan leluasa mengakses permintaan pelayanan melalui notebook pelanggan disekitar pelabuhan melalui webbase. Hal ini dimaksudkan guna mendukung aktivitas kegiatan operasional kepelabuhanan sudah menjadi keharusan mengingat aktivitas dan kegiatan operasional yang berjalan 24 jam dan tingkat moblitas para pengguna jasa semakin mobile yang menuntut kecepatan pelayanan di pelabuhan. Sehingga gangguan terhadap jalur jaringan komputer dalam pelayanan jasa kepelabuhanan khususnya pada saat-saat peak season tidak perlu terjadi, artinya ada pilihan lain atau alternatif yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh pengguna jasa dalam mengajukan permintaan pelayanan jasa kepelabuhanan kepada pihak pelabuhan. Layanan Informasi secara real time Memang untuk mengakses kemudahan permintaan pelayanan jasa kepelabuhanan ini, pengguna jasa harus menjadi pelanggan yang terdaftar di Pelabuhan Tanjung Priok dengan memenuhi ketentuan/persyaratan sebagai pelanggan terseleksi. Nantinya pelanggan akan memperoleh User ID, Password dan Login untuk mengakses permintaan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan alamat http://ppkbpriok.inaport2.co.id/ppkb/. Informasi yang akan diakses meliputi informasi tentang gudangdan lapangan yang ada dilingkungan Cabang Pelabuhan Tanjung Priok, Fasiltas kade/tambatan, kapal yang diageni, realisasi bongkar muat, penerimaan dan pengeluaran barang posisi barang serta informasi kapal, lengkap dan up to date, jadi tidak perlu datang ke pelabuhan Tanjung Priok cukup dapat dilihat di layar notebook/computer di mana saja. Tidak hanya itu, kemudahan dalam mengakses informasikan pun tidak hanya untuk pelanggan pelabuhan pada khususnya saja, tetapi juga seluruh stakeholder kepelabuhanan yang ada di Pelabuhan Tanjung Priok dan masyarakat kepelabuhanan pada umumnya dapat mengaksesnya dengan alamat http://ppkbpriok.inaport2.co.id/monitoring/ Adapun informasi yang bisa didapatkan diantaranya mulai dari kapal yang diageni, perencanaan permintaan pelayanan kapal dan barang, rencana pemanduan dan penundaan, rencana penambatan kapal, realisasi pemanduan dan penundaan, posisi kapal di tambatan baik secara table maupun grafis (display peta lay ouot pelabuhan Tanjung Priok) s/d dengan pengecekan dokumen. Masyarakat kepelabuhanan mulai dari pemilik barang, eksportir/importer baik perorangan maupun produsen, agen perusahaan pelayaran serta stakeholder yang berada di pelabuhan dapat dengan mudah mengalakukan monitoring mulai dari perencanaan kapal dan barang, pelayanan sampai dengan realisasi pelayanan, barang di dalam gudang sampai dengan pengeluaran barang dapat dengan mudah dapat dilihat melalui layer computer/notebook melalui web/internet. Artinya masyarakat kepelabuhanan dapat cepat dengan mudah mengetahui informasi tentang pelayanan jsa kapal dan barang, sekaligus dengan mudah mengikui atau memonitoring setiap jenis dan tahapan proses pelayanan secara real time. Untuk lebih jelasnya, informasi detail dan rinci apa saja yang bisa diakses oleh pengguna jasa kepelabuhanan, manajemen telah mengeluarkan “Buku petunjuk Pengoperasian PPKB Web” yang bisa didapatkan di Divisi Pelayanan Pelanggan & Humas Cabang Pelabuhan Tanjung Priok secara gratis. Kemudahan layanan informasi ini merupakan komitmen manajemen dalam upaya untuk : Pertama, mempercepat pelayanan dan kemudahan pelayanan, disamping untuk menghilangkan model pelayanan secara “contact person”, sehingga tidak perlu lagi pelanggan/pengguna jasa kepelabuhanan datang langsung ke petugas/operator pelabuhan dalam meminta pelayanan jasa kepelabuhanan tetapi cukup memalui web/internet. Kedua, upaya dari manajemen dalam memberikan peningkatan pelayanan peningkatan dalam hal layanan informasi secara akurat/informasi dan keterpaduan sistem layanan di pelabuhan, sekaligus meruapakan bentuk konkrit dari implementasi good corporate governance melalui transparansi pelayanan yakni keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materil dan relevan mengenai pelayanan jasa kepelabuhanan dalam perusahaan. Bahkan tidak hanya itu, untuk kemudahan pembayaran-pun, khususnya yang menyangkut pelayanan jasa kapal telah menerapkan sistem pembayaran secara on-line bank (E-payment) antara pihak pelabuhan dengan bank. Dimana saat ini telah ± 100 perusahaan pelayaran telah mengikuti sistem pemabayaran secara Cast Management System (CMS) yang bekerja sama dengan dua bank yakni : Bank Mandiri dan Bank Lippo.

   Language :

Counter hits : 412